Skip to main content

0 Courses

Modified 24 December 2020

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Ilmu Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan kajian dan seni dalam penanggulangan bahaya (antisipasi, pengenalan, evaluasi dan pengendalian) di tempat kerja yang berpotensi menurunkan tingkat kesejahteraan dan kesehatan pekerja. Dengan lingkungan kerja yang aman dan sehat, produktivitas perusahaan akan meningkat dan mendukung kelangsungan usaha perusahaan. Apalagi tuntutan regulasi nasional dan internasional mengharuskan perusahaan untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja, sehingga penerapan kesehatan dan keselamatan kerja menjadi sangat penting.

Modified 24 December 2020

Relasi Industri

Relasi Industri merupakan terjemahan dari "labour relation" atau hubungan perburuhan. Istilah ini pada awalnya menganggap bahwa hubungan perburuhan hanya membahas masalah-masalah hubungan antara pekerja/buruh dan pengusaha. Seiring dengan perkembangan dan kenyataan yang terjadi di lapangan bahwa masalah hubungan kerja antara pekerja/buruh dan pengusaha ternyata juga menyangkut aspek-aspek lain yang luas. Perubahan industri, perubahan pekerjaan dan perubahan relasi di dalam hubungan insustrial membutuhkan ahli-ahli relasi industri.

Modified 24 December 2020

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia mengkaji tentang pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya manusia dalam organisasi/perusahaan, dan untuk menyediakan layanan yang berkaitan dengan individu dan kelompok dalam organisasi tersebut. Manajemen Sumber Daya Manusia juga membuat kebijakan dan instruksi yang berkaitan dengan personil dan organisasi, dinamika sumber daya manusia perusahaan, hubungan kerja perusahaan-karyawan, hak-hak sipil, hukum sumber daya manusia dan peraturan, sistem motivasi dan kompensasi, sistem dan peraturan kerja, pengujian dan penilaian karyawan, rekrutmen dan seleksi, \dan manajemen dari keseluruhan program dan operasi sumber daya manusia.